Teknologi

Internet Melambat Sejak Corona

Aktualita, Jakarta– Sejak virus Covid-19 mewabah penggunaan internet di seluruh dunia meningkat tajam. Apalagi di berbagai tempat diberlakukan lockdown sehingga masyarakat terpaksa work from home atau beraktifitas di rumah masing-masing.

Menurut data speedtest, kecepatan download rata-rata fixed broadband di Amerika Serikat turun dari 140 Mbps pada awal Maret lalu menjadi 133 Mbps di medio Maret. Sementara di Kanada turun dari 129 Mbps menjadi 121 Mbps.

Di Jerman penurunan terjadi dari 103 Mbps menjadi 93 Mbps, dan di Italia yang sementara ini dilaporkan paling mewabah corona turun dari 130 Mbps menjadi 126 Mbps.

Data yang dirilis Nokia Deepflied menyebutkan penggunaan jaringan internet di seluruh dunia terjadi kenaikan antara 30 sampai 50%, terutama kenaikan terjadi di malam hari.

Masih dari data Nokia Deepflied, yang paling fantastis kenaikan pengguna aplikasi video conference seperti zoom dan skype. Angka kenaikan aplikasi-aplikasi tersebut sampai 700%.

Wajar saja, mulai dari proses belajar mengajar sampai rapat perusahaan dan pemerintahan saat ini menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Sementara itu,  Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih setuju kuliah jarak jauh dengan sistem online dilaksanakan di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Namun, dia mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meringankan hingga mengratiskan kuota internet agar kegiatan belajar mengajar secara daring itu mulus terlaksana.

Menurutnya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika dapat bekerjasama dengan provider lokal agar bantuan terkait beban biaya internet dapat digelontorkan langsung ke mesayarakat. Langkah itu dapat dilakukan seiring prioritas yang dibutuhkan para pelajar dan mahasiswa yang juga belajar di rumah

“Saya pun memaklumi keluhan orang tua mahasiswa yang terbebani dengan tambahan biaya karena kuliah daring ini harus dengan internet dari rumah tentu dengan kuota yang mencukupi,” ujar Fikri yang merupakan anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera Dapil Tegal dan Brebes, Jawa Tengah ini. (A-01/B-02)

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Comments are closed.