Pohon Kurma Merah/ net
BeritaKesehatan

Ini Khasiat Kurma Bagi Kesehatan

Siapa tak kenal dengan buah manis yang berasal dari kawasan Timur Tengah ini. Kurma, yang seolah menjadi santapan wajib saat bulan puasa. Apalagi dalam banyak literatur menyebutkan, menyantap kurma saat berbuka puasa hukumnya sunah.

Namun, rupanya kurma memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya. Sebagaimana dilansir Khasiat Sehat, kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Kandungan vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K. Kandungan mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, dan zinc. Selain itu buah kurma juga sumber dari energi, gula, dan serat.

Berikut beberapa khasiat dari kurma. Pertama, serat sangat penting untuk menunjang kesehatan dalam usus besar dan agar dapat buang air besar secara teratur. Serat tidak larut dan serat larut yang ditemukan pada kurma dapat membantu untuk membersihkan sistem pencernaan, yang dapat membuat usus besar bekerja pada tingkat yang lebih efisiensi. Hal ini dapat mengurangi risiko radang usus, kanker usus besar, dan sembelit.

Selanjutnya mengurangi tekanan darah. Magnesium telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan kurma memiliki kandungan ini. Selain itu, kalium merupakan mineral lain yang dapat ditemukan dalam kurma yang memiliki beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk membantu dalam mengurangi tekanan darah.

Kurma juga kaya akan mineral selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Mineral tersebut diperlukan dalam menjaga tulang tetap sehat, dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Vitamin C dan vitamin D yang terdapat pada kurma berpengaruh pada tingkat elastisitas kulit, dan membuat kulit halus. Selain itu, jika anda menderita masalah kulit, dengan menambahkan kurma ke dalam program diet dapat membantu anda dalam jangka panjang. Kurma juga memiliki manfaat akan anti penuaan dini, dan mencegah akumulasi melanin dalam tubuh anda.

Para pakar juga meyakini, memakan kurma akan memberikan asupan zat besi yang bisa bermanfaat bagi orang yang menerita anemia. Dorongan zat besi akan memberikan kekuatan dan energi yang lebih besar, selain itu juga dapat mengurangi rasa lelah yang berhubungan dengan anemia.

Kurma mengandung potasium, yang dikenal sebagai pengendali diare yang efektif. Serat larut dalam kurma juga dapat meringankan diare, dengan menyediakan massa kedalam buang air besar, serta menunjang kesehatan fungsi dari sistem ekskresi.

Salah satu hal yang menarik dari kurma adalah adanya sulfur organik yang terkandung didalamnya. Hal ini bukan unsur yang umum yang dapat ditemukan dalam makanan, tetapi tetap memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman.

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan usus. Asupan secara terus menerus dari kurma dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan pathological orgasisms, dengan demikian kurma dapat membantu dalam merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. (sumber: www.khasiatsehat.com/E-01)

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Berita

Comments are closed.