Berita

Bawaslu Khawatirkan Partisipasi Pemilih Turun

Aktualitas, Jakarta- Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengajak semua pihak terutama penyelenggara dan pemantau pemilu untuk melahirkan inovasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan pilkada yang ditunda akibat virus Korona. Menurutnya, hal ini penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih mengingat ada kecenderungan turunnya partisipasi pemilih akibat dampak pandemik covid-19.

“Ini jadi tantangan kita karena situasinya memang sedang ada pandemik. Sosialisasi dan kerja sama semua pihak jadi tantangan kita semua. Harus banyak inovasi melakukan sosialisasi sambil tetap menerapkan protokol pencegahan covid-19,” sebutnya, Kamis (16/4).

Dia menambahkan, menjadi tantangan bersama untuk melakukan terobosan supaya partisipasi masyarakat dalam memilih tetap stabil. “Pilkada ditunda sampai 9 Desember 2020 memang yang kita takutkan partisipasi pemilih menurun, bahkan drastis. Kita belum tahu kapan covid-19 ini berakhir. Saat ini dan ke depan, semua pihak harus bersatu dalam berinovasi melakukan sosialisasi,” ujar Afif yang turut dalam acara Diskusi Virtual Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) dengan tema ‘Memotret Demokrasi Indonesia Selama dan Setelah Covid-19’, Rabu (15/4).

Dengan terus dilakukannya sosialisasi terhadap masyarakat, Afif berharap partisipasi masyarakat dalam memilih tidak menurun. “KPU dan Bawaslu harus menunaikan tahapan pilkada beserta pengawasan di tengah pademi covid-19 jika pemungutan harus digelar 9 Desember 2020,” ujar dia.

Selain itu, Alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini mendorong beberapa pemantau pemilu yang sudah membuat ‘platform’ digital untuk bisa lebih dikembangkan lagi. Dia juga menyarankan KPU untuk sering mengajak organisasi pemantau pemilu untuk berdiskusi tentang pemantauan.

“Ini jadi tantangan juga buat KPU. Beberapa pemantau pemilu yang sudah mengembangkan ‘platform’ digital bisa lebih didorong lagi. Kehati-hatian dalam pengawasan dan pemantauan harus dipedomani. KPU bisa mengajak pemantau dan organisasi-organisa pemilu untuk berdiskusi tentang ini. Intinya kerja sama,” tegas Afif.

(A-01)

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Berita

Comments are closed.